STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG PERILAKU PLAGIARISMEPADAMAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

SETIYATI, SYARAH ANISA (2015) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG PERILAKU PLAGIARISMEPADAMAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Syarah Anisa Setiyati Cover.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syarah Anisa Setiyati BAB I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syarah Anisa Setiyati BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
Syarah Anisa Setiyati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
Syarah Anisa Setiyati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
Syarah Anisa Setiyati BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
Syarah Anisa Setiyati Daftar Pustaka.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Syarah Anisa Setiyati Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku plagiarisme pada mahasiswa Fakul Tas Psikologi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara kepada 10 Informan penelitian, yang terdiri dari 5 informan primer dan 5 Informan sekunder. Analisis datanya menggunakan analisis data interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku plagiarisme di Fakultas Psikologi memiliki beragam cara dan proses yang berbeda beda dalam menyusun penelitian skripsi. Perilaku plagiarisme pada mahasiswa dapat dilihat dari bentuk bentuk plagiarisme. Terdapat lima bentuk plagiarisme yaitu; Penggunaan ide atau gagasan, penggunaan atau pengutipan kata atau kalimat, penggunaan uraian, ungkapan, penggunaan fakta (data, informasi), mengganti identitas penulis dari karya tulis orang lain. Dari ketiga informan diketahui 3 informan melakukan bentuk plagiarisme. Informan BAS melakukan 7 bentuk plagiarisme pada bentuk kedua (penggunaan atau pengutipan kata atau kalimat) dan bentuk ketiga (penggunaan uraian, ungkapan). Informan PBA melakukan 9 bentuk plagiarisme pada bentuk kedua (penggunaan atau pengutipan kata atau kalimat),dan bentuk ketiga (penggunaan uraian, ungkapan). Informan SS terdapat 2 Plagiarisme bentuk ketiga (penggunaan uraian, ungkapan). Dua informan PNR dan PP tidak melakukan plagiarisme, dari ketiga informan yang melakukan plagiarisme paling Tinggi yang seringdilakukan yaitu plagiarisme pada bentuk ketiga yaitu penggunaan uraian kata yang tidak menyebutkan sumbernya yang dilakukan informan PBA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Tri Na’imah, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Plagiarisme, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:18
Last Modified: 09 Feb 2017 06:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item