MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII C SMPN 2 KEBASEN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING

MUSLICHATUN, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII C SMPN 2 KEBASEN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muslichatun_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muslichatun_BAB I.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muslichatun_BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
Muslichatun_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
Muslichatun_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Muslichatun_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
Muslichatun_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
Muslichatun_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan teknik probing prompting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 2 Kebasen yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran. Pertemuan pertama digunakan untuk proses pembelajaran, sedangkan pertemuan kedua digunakan untuk pemberian tes evaluasi. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Peneliti menggunakan tes evaluasi untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis seluruh siswa 55,54, pada siklus II menjadi 70,65 dan pada siklus III menjadi 83,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik probing prompting pada pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII C SMPN 2 Kebasen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si. dan Anton Jaelani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Teknik Probing Prompting
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:04
Last Modified: 16 Jan 2018 04:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item View Item