PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JELAJAH ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SUSUKAN

KURNIATIN, DESIS (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JELAJAH ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SUSUKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Desis Kurniatin_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desis Kurniatin_BAB I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desis Kurniatin_BAB II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
Desis Kurniatin_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
Desis Kurniatin_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
Desis Kurniatin_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
Desis Kurniatin_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
Desis Kurniatin_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman belajar siswa pada pembelajaran materi biologi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII SMP N 3 SUSUKAN yang dipilih secara acak (random sampling) yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, awancara, dan angket. Kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran berbasis jelajah alam, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah. Indikator pengamatan dalam penelitian ini meliputi kemampuan mengamati, mendeskripsikan, memaknai objek, mengaitkan, berdiskusi dan menyimpulkan konsep. Hasil belajar siswa memiliki perbedaan nilai rata-rata post tes yang sangat signifikan, yaitu kelas eksperimen dengan nilai 81,99 dan kelas control 72,23. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t didapat t hitung senilai –9,774 dan t table senilai1.973. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa pada materi biologi dengan menggunakan model pembelajaran berbasisi jelajah alam dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah. Dengan demikian, maka penggunaan metode pembelajaran berbasis jelajah alam memiliki pengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam, Pemahaman Konsep Belajar, IPA, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:36
Last Modified: 16 Jan 2018 03:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7091

Actions (login required)

View Item View Item