UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-4 SMA NEGERI PATIKRAJA TAHUN AJARAN 2011-2012

RAMADHANI, SUSI (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-4 SMA NEGERI PATIKRAJA TAHUN AJARAN 2011-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUSI RAMADHANI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSI RAMADHANI BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSI RAMADHANI BAB II.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
SUSI RAMADHANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
SUSI RAMADHANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
SUSI RAMADHANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
SUSI RAMADHANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sejarah pokok bahasan Peradaban Indonesia dan Dunia melalui model pembelajaran kooperatife tipe make a match di SMA Negeri Patikraja kelas X-4 tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan kegiatan setiap siklus terdiri dari atas perencanaan (palnning). Pelaksanaan tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri Patikraja yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi siswa, lembar observasi guru, untuk memperoleh data motivasi belajar siswa diperoleh dari angket motivasi belajar dan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah materi pokok bahasan Peradaban Indonesia dan Dunia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penelitian motivasi siswa siklus I siswa yang termotivasi 15 siswa memperoleh rata-rata secara klasikal 57,79 dengan persentase 46,87% kriteria cukup termotivasi, sedangkan siklus II meningkat jumlah siswa yang termotivasi menjadi 26 siswa memperoleh rata-rata klasikal 65,12 dengan persentase 81,25% kriteria termotivasi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah pokok bahasan Peradaban Indonesia dan Dunia bagi siswa kelas X4 SMA Negeri Patikraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asep Daud Kosasih, S.Pd., M.Ag. dan Drs. Suwarno, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Sejarah, kooperatif, Make a match
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:45
Last Modified: 16 Jan 2018 02:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item