MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BATURRADEN MELALUIPROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

RAKHMAWATY, DEVI (2015) MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BATURRADEN MELALUIPROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Devi Rakhmawaty_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Devi Rakhmawaty_BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Devi Rakhmawaty_BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
Devi Rakhmawaty_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
Devi Rakhmawaty_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Devi Rakhmawaty_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
Devi Rakhmawaty_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
Devi Rakhmawaty_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan kemampuan komunikasi matematis siswa melaluiProblem Based Learning (PBL) dengan media pembelajaran berbasis multimedia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Baturraden tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus.Tahapan dalam setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi.Instrumen untuk mengukur data peran aktif siswa menggunakan lembar observasi siswa dan tes uraian untuk memperoleh data hasil kemampuan komunikasi matematika siswa yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I untuk peran aktif diperoleh persentase 54,20% dengan kriteria cukup baik, siklus II meningkat menjadi 68,90% dengan kriteria baik, dan siklus III meningkat menjadi 81,29% dengan kriteria sangat baik. Selain peran aktif siswa, kemampuan komunikasi matematika siswa juga mengalami peningkatan.Skor rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I diperoleh 2,60 dengan kriteria cukup baik meningkat menjadi 2,79 dengan kriteria cukup baik pada siklus II, kemudian meningkat pada siklus III menjadi 3,63 dengan kriteria baik. Berdasarkan data-data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan peran aktif dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Baturraden pada pokok bahasan segiempat dan segitiga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Reny Amalia, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran Aktif, Kemampuan Komunikasi Matematis,Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:38
Last Modified: 16 Jan 2018 02:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item