UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA, DAN PROVINSI MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD TEGAL REJA 04

HARYATI, SRI (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA, DAN PROVINSI MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD TEGAL REJA 04. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SRI HARYATI COVER.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI HARYATI BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI HARYATI BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
SRI HARYATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
SRI HARYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
SRI HARYATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
SRI HARYATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa materi sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi melalui metode Role Playing. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Tegal Reja 04 Cilacap dengan jumlah siswa 37. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan terdiri 3 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar aspek psikomotor dan aspek afektif menggunakan lembar penilaian psikomotor dan lembar penilaian afektif. Untuk data hasil belajar aspek kognitif diperoleh dari tes evaluasi pada akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar aspek psikomotor diperoleh persentase siklus I sebesar 69,39%, siklus II sebesar 89,19%. Hasil belajar aspek afektif diperoleh persentase siklus I sebesar 70,40%, siklus II sebesar 87,36%. Sedangkan hasil belajar aspek kognitif siklus I diperoleh dengan ketuntasan 64,86%, siklus II diperoleh dengan ketuntasan 94,6%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD N Tegal Reja 04 Cilacap.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, S.Pd.,M.Pd. dan Drs. Pamujo, MM, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:26
Last Modified: 16 Jan 2018 02:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item