KEEFEKTIFAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN (Studi Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri Purwokerto)

ISTIKOMAH, . (2013) KEEFEKTIFAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN (Studi Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri Purwokerto). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH BAB II.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
ISTIKOMAH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
ISTIKOMAH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH BAB V.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
ISTIKOMAH BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
ISTIKOMAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode investigasi kelompok dan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen aspek pemahaman, evaluatif, dan emotif pada peserta didik kelas IX MTs Negeri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs Negeri Purwokerto yang berjumlah 258. Sampel yang digunakan 72 peserta didik dipilih dengan menggu-nakan teknik sampling klaster. Data dikumpulkan dengan menggunakan instru-men tes dan skala sikap. Data yang diperoleh dianalisis dengan rumus uji-t dan uji scheffe. Hasil penelitian ini menunjukkan metode investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen aspek pemahaman, evaluatif, dan emotif. Hal ini terbukti dari (1) selisih kenaikan rata-rata nilai aspek pemahaman antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 10,37. Hasil uji-t diperoleh thitung (6,374) lebih besar daripada ttabel (1,667). Berdasarkan uji scheffe, diperoleh selisih rata-rata nilai pascates kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 7,31 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil daripada 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima; (2) selisih kenaikan rata-rata nilai aspek evaluatif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 20,56. Hasil uji-t diperoleh thitung (7,311) lebih besar daripada ttabel (1,667). Berdasarkan uji scheffe, diperoleh selisih rata-rata nilai pascates kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 22,17 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil daripada 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima; (3) selisih kenaikan rata-rata nilai aspek emotif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 8,6. Hasil uji-t diperoleh thitung (5,154) lebih besar daripada ttabel (1,667). Berdasarkan uji scheffe, diperoleh selisih rata-rata nilai pascates kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 9,13 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode investigasi kelompok terbukti lebih efektif dibandingkan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen aspek pemahaman, evaluatif, dan emotif pada peserta didik kelas IX MTs Negeri Purwokerto.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Furqanul Aziez, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode investigasi kelompok, metode ekspositori, kemampuan apre-siasi cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:02
Last Modified: 16 Jan 2018 02:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item