PERBANDINGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN KUANTUM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SECARA SINGKAT, PADAT, DAN JELAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BANTARKAWUNG

ANGGRAENI, DITIA YULIANA (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN KUANTUM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SECARA SINGKAT, PADAT, DAN JELAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BANTARKAWUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI COVER.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
DITIA YULIANA ANGGRAENI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangmampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini tampak dari prestasi hasil pembelajaran yang dicapai oleh siswa yang telah mendapat proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Apakah pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas pada siswa kelas VIII A SMP Negeri I Bantarkawung secara signifikan?; (2) Apakah pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan kuantum dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita secara singkat,padat dan jekas pada siswa kelas VIII F SMP Negeri I Bantarkawung secara signifikan?; (3) Mana yang lebih baik antara pendekatan kontekstual dan pendekatan kuantum dalam meningkatkan pembelajaran menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Bantarkawung? Desain penelitian ini adalah desain eksperimen kuasi yang terdiri dari dua kelompok , yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Namun, anggota kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak di pilih secara random. Peneliti memilih kelompok eksperimen siswa kelas VIIIA SMP Negeri I Bantarkawung, sedangkan dalam kelompok kontrol peneliti menggunakan siswa kelas VIII F SMP Negeri I Bantarkawung. Kemampuan kedua kelompok eksperimen dan kontrol itu memiliki NEM yang relatif sama. Berdasarkan hasil uji signifikansi diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan pendekatan kuantum. Hal ini terlihat dari hasil penghitungan uji t, untuk kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 11.200. Kemudian berdasarkan tabel distribusi t diketahui ttabel untuk kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 2.002. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dengan kata lain penggunaan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan pendekatan kuantum dalam meningkatkan pembelajaran menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Bantarkawung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Kosadi Hidayat, M.Pd. dan Dr. Yoyo Surjakusumah, Dip. TEFL. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, pendekatan kuantum, menulis berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:44
Last Modified: 16 Jan 2018 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7054

Actions (login required)

View Item View Item