ANALISIS EKSTERNAL WACANA PADA IKLAN KOPI DI TELEVISI

NURFITA, LUSIANA BUDI (2014) ANALISIS EKSTERNAL WACANA PADA IKLAN KOPI DI TELEVISI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Lusiana Budi Nurfita_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lusiana Budi Nurfita_BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lusiana Budi Nurfita_BAB II.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text
Lusiana Budi Nurfita_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
Lusiana Budi Nurfita_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lusiana Budi Nurfita_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
Lusiana Budi Nurfita_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
Lusiana Budi Nurfita_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Analisis Eksternal Wacana pada Iklan Kopi di Televisi” bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur, presuposisi, referensi, inferensi, dan konteks wacana pada iklan kopi di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menguraikan atau mendeskripsikan serta memaparkan data yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisisan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan pada iklan kopi di televisi yang mengandung unsur eksternal wacana berjumlah 19 tuturan, yaitu: (1) Luwak white koffie, (2) Kopiko white koffie, (3) Kapal api grande versi Glend Fredly, (4) Top cofe, (5) Ayam merak, (6) Kapal api, (7) Kapal api versi suka yang hitam, (8) ABC mantapkan pilihanmu, (9) ABC susu, (10) ABC versi The Changcuters, (11) Torabika susu full cream, (12) Kapal api fresco versi Vincent dan Nicta Gina, (13) Kapal api mocha, (14) ABC mocha, (15) Nescafe versi Raisa, (16) Indocafe cofemix, (17) Indocafe capucino, (18) Good day 1, dan (19) Good day 2. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari iklan kopi di televisi yang diperoleh dari 7 stasiun televisi Indonesia milik swasta , yaitu RCTI, SCTV, Indosiar, MNC, Trans 7, Global, dan Metro TV. Dalam penelitian unsur eksternal wacana pada iklan kopi di televisi ditemukan 1) Implikatur yang berupa implikatur konvensional dan implikatur percakapan; 2) Presuposisi; 3) Referensi yang berupa referensi endofora dan referensi eksofora; 4) Inferensi; 5) Konteks Wacana yang diperoleh dari akronim SPEAKING, yaitu setting and scence (latar dan suasana), partisipants (peserta tutur), ends (hasil atau tanggapan), act sequences (pesan atau amanat), key (cara, nada, sikap, semangat dalam melakukan percakapan), instrumentalities (sarana), norms (norma), dan genres (jenis atau bentuk wacana).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Iklan Kopi di Televisi, Eksternal Wacana (Implikatur, Presuposisi, Referensi, Inferensi, dan Konteks Wacana)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:34
Last Modified: 16 Jan 2018 01:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7050

Actions (login required)

View Item View Item