PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 KEMBARAN DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KONSEPMENGIDENTIFIKASI KASUS KORUPSI DAN UPAYA PEMBERANTASANNYA

HENDRARTO, DAVID (2012) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 KEMBARAN DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KONSEPMENGIDENTIFIKASI KASUS KORUPSI DAN UPAYA PEMBERANTASANNYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DAVID HENDRARTO COVER.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAVID HENDRARTO BAB I.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAVID HENDRARTO BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
DAVID HENDRARTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
DAVID HENDRARTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
DAVID HENDRARTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
DAVID HENDRARTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada pokok bahasan mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasannya dengan menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan alokasi waktu 2 jam pelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kembaran dengan jumlah siswa 33. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk mengukur peningkatan kegiatan siswa menggunakan rata-rata persentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata berpikir kritis siswa pada siklus 1 sebesar 2,84 kriteria baik, untuk siklus II sebesar 3,47 dengan kriteria sangat baik. Untuk aktivitas siswa dilihat melalui lembar observasi diperoleh siklus 1 sebesar 48,98% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II sebesar 65,14% dengan kriteria baik, sehingga mengalami peningkatan sebesar 16,16%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati S.H M.Hum dan Efi Miftah Faridli S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pendidikan Kewarganegaraan, Examples Non Examples
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:28
Last Modified: 16 Jan 2018 01:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item