UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) KELAS VII G SMP N 3 SOKARAJA

UTAMI, NIKEN WAHYU (2012) UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) KELAS VII G SMP N 3 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Niken Wahyu Utami Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Niken Wahyu Utami Bab I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Niken Wahyu Utami Bab II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
Niken Wahyu Utami Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
Niken Wahyu Utami Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
Niken Wahyu Utami Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
Niken Wahyu Utami Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada pokok bahasan Himpunan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP N 3 Sokaraja yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peran aktif siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang dilaksanakan setiap pertemuan. Aktivitas guru menggunakan 1 observer, aktivitas siswa 1 observer dengan dibantu oleh peneliti, serta peran aktif siswa menggunakan 2 observer. Untuk memperoleh data prestasi belajar menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada siswa setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor rata-rata peran aktif siswa pada siklus I sebesar 42,19%, pada siklus II sebesar 65,18%, dan pada siklus III sebesar 75,22%. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 60,63, pada siklus II sebesar 72,75, dan pada siklus III sebesar 75,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII G SMP N 3 Sokaraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si. dan Fitrianto Eko Subekti, S.Pd.
Uncontrolled Keywords: Peran aktif, prestasi, Kooperatif TSTS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:12
Last Modified: 15 Jan 2018 06:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item