PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KALIBAGOR

ASMARINA, ZULFATI (2015) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KALIBAGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB V_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ZULFATI ASMARINA_PPKn'15.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

Korupsi biasanya terjadi di lembaga pemerintahan. Jika diteliti lebih lanjut ternyata korupsi terdapat di setiap sekolah yang dilakukan peserta didik. Korupsi yang dilakukan peserta didik tentunya berbeda dengan korupsi yang dilakukan oleh pejabatpemerintahan. Korupsi yang dilakukan peserta didik adalah tindakanmenyimpang dari tugasnya sebagai pelajar. Tindakan korupsi yang dilakukan peserta didik SMK N 1 Kalibagor umumnya yaitu mencontek, terlambat masuk sekolah/kelas, korupsi uang jajan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PPKn dalam menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Anti Korupsi di SMK N 1 Kalibagor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data dengan reduksi, display (penyajian), coclusing drawing/verifacation(penarikan kesimpulan). Hasilpenelitian ini adalah Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berperan dalam menanamkan atau menginternalisasikan sembilan Nilai Pendidikan Anti Korupsi di SMK N 1 Kalibagor, hal ini dapat dilihat dari komponen-komponen pembelajaran PPKn yang merujuk pembentukan sikap dan perilaku peserta didik yang anti korupsi.Saran untuk guru sebaiknya memberikan pengetahuan korupsi, sembilan Nilai Pendidikan Anti Korupsi kepada peserta didik, Untuk peserta didik sebaiknya lebih aktif dengan masalah korupsi, khususnya terkait dengan sembilan Nilai Pendidikan Anti Korupsi. Peserta didik dapat menggunakan teknologi yang sudah disediakanpihak sekolah dengan memanfaatkan internet sebagai sarana dan sumber untuk mencari masalah terkait dengan korupsi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma’mur, M.Si., dan Eko Priyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn, Pendidikan Anti Korupsi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:45
Last Modified: 15 Jan 2018 03:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item