UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA ANAK PAUD CAHAYA PELITA KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012-2013

SUPRININGSIH, YULI (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA ANAK PAUD CAHAYA PELITA KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB IV_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YULI SUPRININGSIH_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Teknik Token Ekonomi Pada Anak PAUD Cahaya Pelita Sirkandi Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilakukan karena motivasi belajar anak yang rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak dalam mengikuti aktivitas belajar di sekolah. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah anak PAUD Cahaya Pelita Sirkandi yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini terjadi peningkatan pada motivasi belajar anak yang dilaksanakan dalam dua siklus karena dilihat dari hasil observsasi tentang motivasi belajar yang telah mengalami peningkatan. Pada studi awal yang dilakukan oleh peneliti anak yang Belum Berkembang (BB) sebanyak 11 anak, anak yang Mulai Berkembang (MB) sebanyak 5 anak,anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 anak, dan anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak. Kemudian pada siklus I motivasi belajar anak yang Belum Berkembang (BB) berjumlah 2 anak, anak yang Mulai Berkembang (MB) sebanyak 5 anak, anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) berjumlah 8 anak dan anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) berjumlah 5 anak. Kemudian pada siklus II motivasi belajar anak semakin meningkat karena dibuktikan pada anak yang Belum Berkembang (BB) berjumlah 0 anak, anak yang Mulai Berkembang (MB) berjumlah 3 anak, anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) berjumlah 5 anak, dan anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) berjumlah 12 anak. Hal ini terjadi karena adanya teknik token ekonomi dimana dapat membantu menumbuhkan dan mendorong minat anak agar tertarik untuk mengikuti aktivitas belajar di sekolah. Pada anak yang Mulai Berkembang sebaiknya lebih diperhatikan lagi dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh guru dan orangtua kepada anak tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Anak Usia Dini, Motivasi Belajar, Token Ekonomi
Uncontrolled Keywords: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd., dan Labib Sajawandi, M.Pd.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:16
Last Modified: 15 Jan 2018 03:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item