PENGARUH PENERAPAN MODEL KOLABORATIF METODE 5 E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, EXTEND, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDABOWA

KINASIH, KEN PRADITA CANDRA (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOLABORATIF METODE 5 E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, EXTEND, EVALUATE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDABOWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB III_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB IV_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_KEN PRADITA CANDRA KINASIH_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode 5E terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Sidabowa. Pengaruh yang diharapkan tidak hanya dalam aspek kognitif tetapi juga terhadap aspek afektif dan aspek psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 1 Sidabowa, sedangkan untuk sampelnya diambil seluruh siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan seluruh siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode 5E. Pengambilan sampel yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Teknik pengumpulan data untuk aspek kognitif menggunakan pos tes, untuk aspek afektif menggunakan angket tanggungjawab, dan aspek psikomotor menggunakan unjuk kerja. Data analisis data dengan menggunakan Uji Mann Whitney U Test. Dari uji hipotesis disimpulkan yaitu (1) Pada aspek kognitif dari hasil uji Mann Whitney diperoleh Uhitung ˂ Utabel (83 ˂ 88); (2) Pada hasil belajar aspek afektif dari hasil uji Mann Whitney diperoleh Uhitung > Utabel (119,5 ˃ 88); (3) Pada aspek psikomotor dari hasil uji Mann Whitney diperoleh Uhitung ˂ Utabel (71 ˂ 88 ). Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode 5E terhadap hasil belajar IPA aspek kogninif dan psikomotor. Tetapi, tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA aspek afektif siswa kelas V SD Negeri 1 Sidabowa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode 5E
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:22
Last Modified: 09 Feb 2017 06:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item