PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI KELAS V SD NEGERI 2 NOTOG

PRAYOGO, SIGIT (2014) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI KELAS V SD NEGERI 2 NOTOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Sigit Prayogo Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sigit Prayogo Bab I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sigit Prayogo Bab II.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text
Sigit Prayogo Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
Sigit Prayogo Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Sigit Prayogo Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
Sigit Prayogo Daftar Pustaka.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian di SD Negeri 2 Notog dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dan alat peraga bangun ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang menggunakan model pembelajaran Van Hiele dan alat peraga bangun ruang. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Notog dengan jumlah siswa 39 yang terdiri dari 23 laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil peningkatan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa diperoleh dari angket dan tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil angket sikap rasa ingin tahu siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 30,47 dengan kriteria sikap rasa ingin tahu siswa tinggi dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 34,61 dengan kriteria sikap rasa ingin tahu siswa sangat tinggi dan persentase ketuntasan sikap rasa ingin tahu siswa sebesar 87% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 55,88% dan siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86,84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi bangun ruang kelas V SD Negeri 2 Notog.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 15 Jan 2018 01:49
Last Modified: 15 Jan 2018 01:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item