UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MARGASANA TAHUN AJARAN 2013/2014

YANTI, RISNA DWI (2014) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MARGASANA TAHUN AJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Risna Dwi Yanti Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Risna Dwi Yanti Bab I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Risna Dwi Yanti Bab II.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
Risna Dwi Yanti Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
Risna Dwi Yanti Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Risna Dwi Yanti Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
Risna Dwi Yanti Daftar Pustaka.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus . Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Margasana yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar time sampling, tes/evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa dan prestasi belajar IPA siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan on task siswa pada siklus I ke siklus II. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata tes/evaluasi siswa pada siklus I adalah 78,9 dengan persentase 88%, sedangkan rata-rata pada siklus II adalah 82,7 dengan persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Margasana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs Sony Irianto, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sikap peduli lingkungan, prestasi belajar, pembelajaran berbasis proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 15 Jan 2018 01:44
Last Modified: 15 Jan 2018 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item