UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI MELALUI METODE BERMAIN MUSANG DAN AYAM PADA ANAK KELOMPOK B TK PAMARDISIWI TRISULA KRANJI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014 - 2015

ANGGARINI, WIDA DWI (2015) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI MELALUI METODE BERMAIN MUSANG DAN AYAM PADA ANAK KELOMPOK B TK PAMARDISIWI TRISULA KRANJI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014 - 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Wida JUDUL.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wida BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wida BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
Wida BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
Wida BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text
Wida BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
Wida DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosi melalui metode bermain musang dan ayam pada anak kelompok B TK Pamardisiwi Trisula Kranji Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2014 - 2015. Perkembangan sosial emosi perlu dikembangkan melalui metode yang tepat untuk membekali anak pada pendidikan dan kehidupan lebih lanjut. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yang masing - masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek peneliti an ini terdiri dari 20 siswa yaitu 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki - laki yang dilaksanakan di TK Pamardisiwi Trisula Kranji Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukan peningkatan dalam perkembangan sosial emosi melalui metode bermain musang dan ayam. Hasil ini dibuktikan dengan studi awal tingkat perkembangan sosial emosi melalui metode bermain musang dan ayam masih rendah dari 20 siswa yang berkembang sesuai harapan 3 siswa (15%), kemudian pada siklus I anak yang perkembangan sosial emosinya belum berkembang 5 siswa (25%), yang mulai berkembang 3 siswa (15%), berkembang sesuai harapan 2 siswa (10%), sudah berkembang sangat baik dalam perkembangan sosial emosi melalui metode bermain musang dan ayam 10 siswa (50%). Peningkatan keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II perkembangan sosial emosi melalui metode bermain musang dan ayam pada anak meningkat, perkembangan sosial emosi melalui bermain musang dan ayam yang belum berkembang 2 siswa (10%), yang mulai berkembang 1 siswa (15%), berkembang sesuai harapan sudah tidak ada, yang berkembang sangat baik 17 siswa (85%), dan siswa yang belum berkembang mencapai indikator secara optimal sebanyak 3 siswa (15%) dan perlu diperhatikan khusus dari guru serta orangtua dari siswa tersebut untuk mencapai tingkat perkembangan sosial emosi yang lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan metode bermain musang dan ayam dapat meningkatkan perkembangan sosial emosi pada anak kelompok B TK Pamardisiwi Trisula Kranji Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil, mengingat prosentase keberhasilan telah melampaui target pencapaian yang ditetapkan yakni 85% anak dengan mencapai BSB.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd. dan Desti Pujiati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosi, Metode Bermain Musang dan Ayam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:53
Last Modified: 20 Oct 2016 01:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item