PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 KROYA MELALUI PEMBELAJARAN ARCS

AZIZAH, ANIS (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 KROYA MELALUI PEMBELAJARAN ARCS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 3 Kroya melalui pembelajaran ARCS pada pokok bahasan SPLDV. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Kroya yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dan kedua dengan alokasi waktu 2 x 40 menit untuk tindakan pembelajaran dan pertemuan ketiga dengan alokasi waktu 1 x 40 menit untuk evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menguasai materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran matematika menunjukkan bahwa penggunaaan pembelajaran ARCS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 59,85 dengan ketuntasan belajar 58,82% dan pada siklus II nilai rata-rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 74,12 dengan ketuntasan belajar 88,24%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M. Si., dan Eka Setyaningsih, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ARCS dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Jan 2018 00:12
Last Modified: 15 Jan 2018 00:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item