UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DALAM BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SHOW YOUR SELF DENGAN METODE PERCAKAPAN PADA SISWA KELOMPOK A PAUD ISTIQOMAHSAMBAS PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

RETNO RIA OCTAFIANA, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DALAM BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SHOW YOUR SELF DENGAN METODE PERCAKAPAN PADA SISWA KELOMPOK A PAUD ISTIQOMAHSAMBAS PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RETNO RIA OCTAFIANA - COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RETNO RIA OCTAFIANA - BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RETNO RIA OCTAFIANA - BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
RETNO RIA OCTAFIANA - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
RETNO RIA OCTAFIANA - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
RETNO RIA OCTAFIANA - BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
RETNO RIA OCTAFIANA - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
RETNO RIA OCTAFIANA - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa melalui kegiatan show your self dengan metode percakapan pada siswa kelompok A PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga semester genap tahun ajaran 2011/2012. Komunikasi lisan adalah pertukaran informasi melalui perkataan yang diucapkan dengan mulut. Dengan berkomunikasi siswa dapat mengutarakan keinginan, perasaan, dan pikirannya. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 siswa yaitu 8 putra dan 12 putri yang dilaksanakan di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan terhadap prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75% menurut Nana Sudjana (2001: 8) prosentase ketuntasan ini dilakukan untuk mempertegas peningkatan kemampuan komunikasi lisan siswa melalui kegiatan show your self dengan metode percakapan pada studi awal, siklus I, siklus II. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan peningkatan . Hasil ini dibuktikan dengan data studi awal, 10 % atau 2 siswa yang kemampuan komunikasi lisannya berkembang sangat baik, 20%atau 4 siswa yang berkembang se suai harapan, 40 % atau 8 siswa yang sudah mulai berkemba ng dan 30% atau 6 siswa yang kemampuan komunikasi lisannya belum berkembang. Pada siklus I, 20 % atau 4 siswa yang kemampuan komunikasi lisannya berkembang sangat baik, 30% atau 6 siswa yang berke mbang sesuai harapan, 35% atau 7 siswa yang sudah mulai berkembang, dan 15 % atau 3 siswa yang belum berkembang. Pada siklus II, 30 % atau 6 siswa yang kemampuan komunikasi lisannya sudah berkembang sangat baik, 55% atau 11 siswa yang kemampuan komunikasi lisannya berkembang sesuai harapan, sedangkan sisanya 15% atau 3 siswa yang kemampuan komunikasi lisannya mulai berkembang. Pada siklus II siswa yang tuntas sabanyak 17 siswa atau 85 %. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil sesuai dengan nilai ketunt asan Nana Sudjana. Sedangkan 3 siswa atau 15 % yang baru mulai berkembang sebaiknya diberi perhatian khusus oleh guru dan orang tua, mereka harus lebih sering diajak berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Johni Dimyati, MM 2.Yuki Widiasari, S.Sos, M.A
Uncontrolled Keywords: emampuan komunikasi lisan, perkembangan bahasa, Kegiatan show your self, Metode Percakapan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 11 Jan 2018 03:34
Last Modified: 25 Sep 2019 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6964

Actions (login required)

View Item View Item