PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII - A MTs NEGERI SUMBANG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

PURWADI, EKO (2012) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII - A MTs NEGERI SUMBANG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan serta 1x40 menit untuk pengisian angket percaya diri. Setiap siklusnya terdapat perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A di MTs Negeri Sumbang yang terdiri dari 36 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa serta pengisian angket percaya diri siswa, tes evaluasi yang berbentuk uraian yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Percaya diri siswa mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 34,1 pada siklus I menjadi 34,2 pada siklus II dan menjadi 42,7 pada siklus III. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 5,8 pada siklus I menjadi 7,0 pada siklus II menjadi 8,0 pada siklus III. Berdasarkan data – data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan percaya diri siswa dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII- A MTs Negeri Sumbang pada pokok bahasan segi empat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Drs. Ahmad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sikap percaya diri, Prestasi Belajar matematika, Model Problem Based Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Jan 2018 06:41
Last Modified: 10 Jan 2018 06:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item