ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs NEGERI SUMB ANG

ARDIYANI, DAMAI RESTI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs NEGERI SUMB ANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan penalaran matematika siswa MTs Negeri Sumbang pada materi Himpunan yang meliputi kemampuan penalaran induktif dan deduktif matematika. Penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yan g meliputi reduksi data ( data reduction ), penyajian data ( data display ), dan kesimpulan ( verivication/conclusion ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling . Dalam penelitian ini siswa dikelom pokan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Masing - masing kelompok dipilih 2 siswa untuk diwawancarai. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitia n diperoleh bahwa rata - rata kemampuan penalaran matematika siswa secara umum 60,44%, dengan persentase tertinggi 58,09% dan persentase terendah 40,44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu melakukan penalaran m atematika, yang meliputi induktif dan deduktif, d an untuk siswa berkemampuan sedang sudah mampu melakukan penalaran matematika, namun terkadang siswa kurang teliti, dan kurang memahami soal dengan baik serta un tuk berfikirnya relatif lambat, s edangkan untu k siswa berkemampuan rendah kurang mampu melakukan penalaran matematika, yang meliputi induktif dan deduktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd, dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematika, penalaran induktif, penalaran deduktif, himpunan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Jan 2018 05:57
Last Modified: 10 Jan 2018 05:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item