MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

PRANOTO, AHMAD (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam proses pembelajaran di SMP. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Darunnajah Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Langkah yang dilakukan setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, observasi, analisis dan rafleksi. Perencanaan berupa refleksi. Perencanaan berupa penyusunan rencana pembelajaran dan penyusunan angket serta alat observasi. Pelaksanaan tindakan ialah pelaksanaan pembelajaran. Observasi ialah berupa pengamatan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, analisis dan refleksi ialah menganalisis hasil yang dicapai dan kemudian digunakan untuk dasar suklus 2 selanjutnya, pada akhir siklus 2 dapat diket ahui keberhasilan yang dicapai melalui tindakan pembelajaran dengan menggunakan audio visual. Hasil yang diperoleh setelah dianalisis menunjukan ide bahwa rata - rata hasil tes awal 69 pada siklus 1 meningkat menjadi 72,79, pada siklus 2 menjadi 78,53. Hasi l observasi belajar siswa dari observasi siklus 1 pertemuan pertama 38,2 % dengan kriteria cukup berminat dan pertemuan kedua menjadi 47,0 % . Siklus 2 pertemuan yang pertama meningkat menjadi 73,5 % dengan kriteria berminat dan pertemuan kedua meningkat ya itu 82,4 % dengan kriteria sangat berminat. Pada angket minat pembelajaran siswa pada siklus 1 yaitu dengan rata - rata 47,70 %, siklus 2 yaitu meningkat dengan rata - rata 56,64 %, berdasarkan hasil analisis tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan audio visual pada IPS mampu meningkatkan Prestasi dan minat belajar siswa kelas VII SMP Islam Darunnajah Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Suwarno, M. Si. dan Drs.Kartono M. Si.
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan , Ilmu Pengetahuan Sosia l, Prestasi, Audio Visual
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:37
Last Modified: 10 Jan 2018 03:37
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item