EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI ( Studi Eksperimental terhadap Siswa Kelas X MIA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarnegara)

WULANDARI, DYAH IRYANI (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI ( Studi Eksperimental terhadap Siswa Kelas X MIA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banjarnegara). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DYAH IRYANI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DYAH IRYANI BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DYAH IRYANI BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
DYAH IRYANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
DYAH IRYANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
DYAH IRYANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
DYAH IRYANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
DYAH IRYANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis projek dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIA MAN 2 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di MAN 2 Banjarnegara dengan jumlah 188 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui motivasi menulis teks ekposisi adalah angket dan instrumen untuk mengetahui kemampuan menulis teks ekposisi adalah tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran berbasis projek efektif untuk meningkatkan motivasi menulis teks eksposisi. Dari hasil analisis uji-t untuk sampel independen (Independent Sample T-Test)didapat nilai thitungsebesar4,453 yang lebih besar dari nilai sebesar 1, 972.Rata-rata skor motivasi menulis teks eksposisi pada kelompok eksperimen sebesar 77,60 yang lebih besar dari rata-rata skor motivasi menulis teks eksposisi kelompok kontrol sebesar 73,78. 2) model pembelajaran berbasis projek efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. Dari hasil analisis uji-t untuk sampel independen (Independent Sample T-Test)didapat nilai thitung5,729 yang lebih besar dari nilai sebesar 1,972.Rata-rata skor kemampuan menulis teks eksposisi pada kelompok eksperimen sebesar 80,31 yang lebih besar dari rata-rata skor kemampuan menulis teks eksposisi kelompok kontrol 71,67.Berdasarkan hasil analisis di atas motivasi dan kemampuan menulis teks eksposisi pada kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen berbeda signifikan setelah kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis projek. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik model pembelajaran berbasis projek sangat relevan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X MIA MAN 2 Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: SanthyHawanti,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik; pembelajaran berbasis projek; motivasi; kemampuan menulis teks eksposisi;
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:44
Last Modified: 10 Jan 2018 02:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item