PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY KELAS IV SD NEGERI 1 SANGGREMAN

WIDOWATI, RARAS (2013) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY KELAS IV SD NEGERI 1 SANGGREMAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RARAS WIDOWATI COVER.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RARAS WIDOWATI BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RARAS WIDOWATI BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
RARAS WIDOWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
RARAS WIDOWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
RARAS WIDOWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
RARAS WIDOWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
RARAS WIDOWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitan tentang Peningkatan Rasa Ingin tahu dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penjumlahandan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Metode Pembelajaran Discovery Kelas IV SD Negeri 1 Sanggreman telah dilaksanakan di SD Negeri 1 Sanggerman pada bulan november sampai dengan bulan Februari. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri 1 Sanggreman Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengematan, dan refleksi..Hasil penelitian pada siklus I menunjukan skor rasa ingin tahu 29,07 dengan persentase 70,25% kriteria rasa ingin tahu cukup dan prestasi belajar sebesar 62,07 dengan persentase ketuntasan belajar 82,75% dan. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan skor rasa ingin tahu sebesar 38,07 dengan persentase 85,67% kriteria rasa ingin tahu tinggi dan rata-rata prestasi belajar 78,52 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 88,89%. Dengan demikian disimpulakan bahwa metode discovery dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sanggreman Kabupaten Banyumas materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbng: Drs. Sony Irianto, M. Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu; Prestasi Belajar Matematika; Matematika Sekolah Dasar; Metode Discovery;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:14
Last Modified: 10 Jan 2018 02:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item