PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIF SMP N 1 KARANGANYAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual)

AMINAH, LAELI NUR (2012) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIF SMP N 1 KARANGANYAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LAELI NUR COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAELI NUR BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAELI NUR BAB II.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
LAELI NUR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
LAELI NUR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAELI NUR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
LAELI NUR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
LALEI NUR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Karanganyar pada pokok bahasan segi empat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 42 siswa, yang terdiri dari 21 siswa laki – laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan alokasi waktu 2 x 40 menit dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi dengan alokasi waktu 1 x 40 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes siklus. Observasi digunakan unuk mengukur keaktifan siswa dan tes siklus untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata keaktifan pada siklus I sebesar 28,81% dengan kriteria kurang aktif, pada siklus II sebesar 48,86% dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus III sebesar 64,57% dengan kriteria aktif. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 60,49, nilai ratarata prestasi belajar pada siklus II sebesar 62,58 dan nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus III sebesar 72,86. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keaktifan siswa, (2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Keaktifan, Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno M. Pd. dan Drs. Ahmad M. Pd.
Uncontrolled Keywords: PENINGKATAN KEAKTIFAN; PRESTASI BELAJAR; MATEMATIKA; PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:58
Last Modified: 10 Jan 2018 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item