ANALISIS LETAK, JENIS, DAN FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII F SMP MUHAMMADIYAH 1 P URWOKERTO TAHUN 2012/2013 MELALUI TES DIAGNOSTIK

KIRANA, WANDA OKTAFIANI (2013) ANALISIS LETAK, JENIS, DAN FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII F SMP MUHAMMADIYAH 1 P URWOKERTO TAHUN 2012/2013 MELALUI TES DIAGNOSTIK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak, jenis, dan faktor penyebabkan kesulitan belajar siswa materi garis dan sudut kelas VII F SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto tahun 2012/2013. Subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Tes diagnosti k dan wawancara digunakan untuk menganalisis letak, jenis, dan faktor penyebab kesulitan siswa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) letak kesulitan siswa adalah pada indikator menggu nakan satuan sudut yang sering digunakan dan menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga (garis lain) dengan persentase kesulitan masing -masing indikator sebesar 95,8% dan 95,3% ; (2) persentase jenis kesulitan yang dialami siswa adalah fakta sebesar 34,1% , prosedural sebesar 25,7% , operasi sebesar 19,0% , konsep sebesar 15,9% dan prinsip sebesar 5,3% ; (3) faktor penyebab kesulitan siswa antara lain tidak membaca soal dengan baik, belum paham d engan materi yang disampaikan guru, tidak tahu bagaimana cara menyelesaikan soal, lupa dan tidak menuliskan satuan sudut dengan lengkap, terburu -buru dalam menyelesaikan soal, ceroboh dan kurang teliti, kurang berhasil dalam menguasai konsep, prinsip, dan algoritma, kesulitan mengabstraksi, menggeneralisasi, berpikir deduktif dan mengingat konsep -konsep maupun prinsip -prinsip.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Lukmanul Akhsani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Letak, Jenis, Faktor Penyebab Kesulitan, Tes Diagnostik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:25
Last Modified: 10 Jan 2018 01:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item View Item