UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA DAN KEAKTIFAN BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR ATMOSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS X 4 MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ROHMAH, GUSTIN FARIDA (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA DAN KEAKTIFAN BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR ATMOSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS X 4 MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_GUSTIN FARIDA ROHMAH_GEOGRAFI'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di MAN Purwokerto 2 tahun pelajaran 2014/2015.Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui keberanian bertanya dan keaktifan belajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation menggunakan media animasi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting.Subyek penelitian adalah siswa kelas X 4 MAN Purwokerto 2 dengan jumlah 42 siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keberanian bertanya dan keaktifan belajar siswa selama proses belajar mengajar dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukan adanya peningkatan keberanian bertanya pada siklus I sebanyak 26,24 % meningkat pada siklus II menjadi 45,24 %.eaktifan belajar pada siklus I sebanyak 21,84 % meningkat pada siklus II menjadi 33,61 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan media animasi dapat meningkatkan keberanian bertanya dan keaktifan belajar geografi siswa kelas X 4 MAN Purwokerto 2.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Suwarsito, S.Pi, M.Si dan Dr. Sigid Sriwanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Animasi, Keberanian Bertanya, Keaktifan Belajar, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Feb 2017 02:47
Last Modified: 09 Feb 2017 02:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item