PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIID SMP N 1 KEMBARAN

AULIA, ALIN (2012) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIID SMP N 1 KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ALIN AULIA COVER.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALIN AULIA BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALIN AULIA BAB II.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
ALIN AULIA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
ALIN AULIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ALIN AULIA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
ALIN AULIA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Kembaran yang berjumlah 32 siswa, hal ini dikarenakan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 x 40 menit dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi dengan alokasi waktu 1 x 40 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data kedisiplinan dan prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar angket kedisiplinan siswa dan tes prestasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kedisiplinan pada siklus I sebesar 61,44, pada siklus II sebesar 68,53 dan pada siklus III sebesar 75,56 Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 66,88 dengan ketuntasan belajar 53,13% nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus II sebesar 79,4 dengan ketuntasan belajar 78,13% dan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus III sebesar 81,5 dengan ketuntasan 90,63%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan kedisiplinan siswa, (2) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad M. Pd. dan Drs. Kusno M. Pd,
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; prestasi; pembelajaran TGT;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Jan 2018 00:50
Last Modified: 10 Jan 2018 00:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item View Item