PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SOKANEGARA

SEPTIANI, GAYUH EKI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SOKANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
BAB IV_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
BAB V_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AYUH EKI SEPTIANI_PGSD'14.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran kolaboratif strategi PDEODE terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Sokanegara tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian yaitu postes hanya grup kontrol dengan random subjek. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar aspek kognitif yaitu uji evaluasi, hasil belajar aspek afektif menggunakan angket dan hasil belajar aspek psikomotor menggunakan penilaian unjuk kerja. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian pada aspek kognitif menunjukkan thitung>ttabel atau 2,48 > 1,671; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi strategi PDEODE berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA aspek kognitif. Hasil pada aspek afektif menunjukkan thitung > ttabel, atau 2,75> 1,671; sehingga Ho tolak dan Ha diterima. Jadi strategi PDEODE berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA aspek afektif. Hasil penelitian pada aspek psikomotor menunjukkan thitung > ttabel, atau 2,24 > 1,296; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi strategi PDEODE berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA aspek psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Drs. Karma Iswata Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPA dan Strategi PDEODE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 09 Feb 2017 02:07
Last Modified: 09 Feb 2017 02:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item