PENERAPAN METODE EKSPERIMENPADA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANAUNTUKMENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 REJASARI

TRIWIBOWO, . (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMENPADA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANAUNTUKMENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 REJASARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRIWIBOWO COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRIWIBOWO BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRIWIBOWO BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
TRIWIBOWO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
TRIWIBOWO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
TRIWIBOWO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
TRIWIBOWO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
TRIWIBOWO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Rejasari yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: 1) lembar tes/evaluasi, 2) lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, 3) lembar angket kedisiplinan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar ketuntasan secara klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukan metode eksperimen dalam meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Rejasarimengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes/evaluasi siswa siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 60 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 10,3%, sedangkan pada siklus II yaitu 80 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Prestasi Belajar, Metode Eksperimen, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:23
Last Modified: 09 Jan 2018 04:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item