UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn M ELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION ( GI ) PADA MATERI KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS VIII B SEMESTER GENAP SMP PGRI 1 S OMAGEDE TAHUN PELAJARAN 2014/2015

IHFAN MA’ARIF,, MUHAMMAD (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn M ELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION ( GI ) PADA MATERI KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS VIII B SEMESTER GENAP SMP PGRI 1 S OMAGEDE TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. COVER pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. BAB II pdf.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. BAB DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
MUHAMMAD IHFAN MA’ARIF. BAB DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Penelitian di SMP PGRI 1 Somagede dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya motivasi dan hasil belajar PKn pada materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia di kelas VIII B semester genap tahun pelajaran di dua tahun terakhir yakni tahun 2012 dan 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia melalui model group investigation . Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP PGRI 1 Somagede dengan jumlah siswa 17. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan.Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi perencana an, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari tes, lembar aktivitas guru, lembar aktivita s siswa dan lembar angket motivasi siswa diberikan setelah selesai pembelajaran.hasil pengamatan motivasi siklus 1 kriteria kurang skor 396,rata – rata 23.29 dan presentase 9.90 %.Siklus II motivasi siswa kriteria cukup skor 654, rata -rata 38.47 , presentase 16.35 % . Soal pre test siswa yang tuntas adalah 0 siswa atau dalam prsentase 0 %. Soal Siklus I siswa yang tuntas yakni 11 siswa, prsentase 64,70 % meningkat pada Soal siklus II siswa yang tuntas 17 siswa, prsentase yakni 100 %

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Prof, Dr. H. Tukiran Taniredja. MM. Wildan Nurul Fajar, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil belajar PKn , model group investigation .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:34
Last Modified: 09 Jan 2018 03:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item View Item