ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH MAJENANG PADA MATERI PERBANDINGAN

NURDIANINGSIH, . (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH MAJENANG PADA MATERI PERBANDINGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nurdianingsih_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurdianingsih_BAB I.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurdianingsih_BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
Nurdianingsih_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
Nurdianingsih_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Nurdianingsih_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
Nurdianingsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
Nurdianingsih_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Majenang pada materi Perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIIC yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahawa skor rata-rata setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIIC adalah 69,5% dengan persentase paling tinggi 88% dan persentase paling rendah 43%. Rata-rata siswa paling mampu dalam menyatakan ulang sebuah konsep dan kurang dalam memaparkan konsep yang bersifat matematis. Siswa berkemampuan tinggi mampu menguasai semua indikator dengan baik, hanya saja masih kesulitan dalam memaparkan konsep yang bersifat matematis. Siswa berkemampuan sedang tidak mampu menguasai semua indikator, siswa tidak mampu memaparkan konsep yang bersifat matematis dan tidak mampu menentukan langkah-langkah dalam pemecahan masalah, serta siswa masih kesulitan dalam mengkarifikasi objek berdasarkan sifat-sifat tertentu maupun dalam mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari permasalahan matematis. Sedangkan siswa berkemampuan rendah hanya mampu menguasai satu indikator, siswa hanya mampu menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Perbandingan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:11
Last Modified: 09 Jan 2018 03:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6861

Actions (login required)

View Item View Item