ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

PURWANTI, GESTIANA SIWI (2014) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Gestiana Siwi Purwanti_JUDUL.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Gestiana Siwi Purwanti_BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Gestiana Siwi Purwanti_BAB II.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
Gestiana Siwi Purwanti_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
Gestiana Siwi Purwanti_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
Gestiana Siwi Purwanti_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
Gestiana Siwi Purwanti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
Gestiana Siwi Purwanti_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja Kabupaten Banyumas. Data penelitian berupa karangan narasi yang dibuat oleh siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes yaitu berupa soal untuk membuat karangan narasi. Dari tes tersebut dianalisis dengan teknik deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Teknik ini berusaha mendeskripsikan data statistik yang berupa angka ke dalam bentuk kata-kata. Aspek yang akan dianalisis dalam kemampuan menulis karangan narasi adalah kualitas dan ruang lingkup isi, organisasi dan penyajian isi, kohesi dan koherensi, dan mekanik. Dari keempat aspek tersebut dijabarkan menjadi beberapa kriteria. Dari aspek kualitas dan ruang lingkup isi terdapat satu kriteria yaitu pemilihan judul. Dari aspek organisasi dan penyajian isi terdapat empat kriteria yaitu kerangka karangan, uraian fakta dalam kalimat, pengembangan kalimat menjadi paragraf, dan penyusunan paragraf menjadi karangan narasi. Dari aspek kohesi dan koherensi terdapat tiga kriteria yaitu keruntutan kalimat, koherensi paragraf, dan kesatuan topik. Dari aspek mekanik terdapat dua kriteria yaitu penulisan kata dan penggunaan tanda baca. Kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas VII A SMP N 1 Patikraja adalah “cukup baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66,5. Namun nilai rata-rata tersebut belum dinyatakan tuntas karena belum mencapai KKM yang ada. KKM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP N 1 Patikraja adalah 70.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Karangan Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 09 Jan 2018 01:48
Last Modified: 09 Jan 2018 01:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item View Item