UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN METODE PROYEK PADA KELOMPOK A TK PERWANIDA KECAMATAN PURWANGARA KABUPATEN BANJARANEGARA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013

SUMINI, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN METODE PROYEK PADA KELOMPOK A TK PERWANIDA KECAMATAN PURWANGARA KABUPATEN BANJARANEGARA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Sumini_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sumini_BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sumini_BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
Sumini_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
Sumini_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
Sumini_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
Sumini_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
Sumini_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial emosional anak dengan metode proyek di kelompok A TK Perwanida. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah 20 anak kelompok A TK Perwanida yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi perkembangan sosial emosional, lembar observasi keterlibatan peserta didik dalam metode proyek, dan lembar observasi guru, serta dokumentasi yang berupa foto kegiatan, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perkembangan sosial emosional pada siswa setelah diberikan perlakuan melalui metode proyek. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perkembangan sosial emosional yang terjadi pada peserta didik, dari kondisi awal dari 20 peserta didik kelompok A belum ada yang perkembangan sosial emosionalnya sangat baik. Ada 4 atau 20% berkembang sesuai harapan, 5 pserta didik atau 25% mulai berkembang, dan 11 peserta didik atau 55% perkembangan sosial emosional belum berkembang. Kemudian pada siklus I perkembangan sosial emosioanal anak meningkat namun belum maksimal dari 20 peserta didik kelompok A terdapat 2 peserta didik atau 10% yang memiliki perkembangan sosial emosional sangat baik, 10 peserta didik atau 50% berkembang sesuai harapan, 6 peserta diidk atau 30% mulai berkembang, dan 2 peserta didik atau 10% perkembangan sosial emosionalnya belum berkembang. Terjadi peningkatan yang optimal pada siklus II yaitu ada 4 peserta didik atau 20% dari 20 peserta didik yang perkembangan sosial emosionalnya berkembang sangat baik, sedangkan 12 peserta didik atau 60% berkembang sesuai dengan harapan, 4 peserta didik atau 20% yang mulai berkembang, dan peserta didik yang perkembangan sosial emosionalnya belum berkembang sudah tidak ada. Untuk peserta didik yang perkembangan sosial emosionalnya baru mulai berkembang diberikan tindak lanjut dengan mengadakan home visit serta bekerja sama dengan orang tua dan guru dengan memberikan kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional seperti kegiatan dengan mengguakan metode proyek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosional, Metode Proyek, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 09 Jan 2018 01:06
Last Modified: 09 Jan 2018 01:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item View Item