DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA NEGERI 1 BOBOTSARI

MARDHANI, TITIK TRI (2013) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA NEGERI 1 BOBOTSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Titik Tri Mardhani Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Titik Tri Mardhani Bab I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Titik Tri Mardhani Bab II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
Titik Tri Mardhani Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
Titik Tri Mardhani Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Titik Tri Mardhani Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
Titik Tri Mardhani Daftar Pustaka.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
Titik Tri Mardhani Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa SMA N 1 Bobotsari pada materi Trigonometri yang meliputi kemampuan penalaran induktif dan deduktif matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification / conclusion drawing). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-I yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa prestasi rendah, sedang dan tinggi. Masing-masing kelompok dipilih dua responden untuk keperluan wawancara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa dengan prestasi rendah kurang mampu melakukan penalaran matematis, yang meliputi induktif dan deduktif. Dan untuk siswa prestasi sedang dapat dikatakan penalarannya cukup baik namun terkadang kurang teliti, pada materi tertentu kurang dapat memahami soal dengan baik serta untuk berpikirnya relatif lambat. Sedangkan untuk siswa prestasi tinggi dapat dikatakan penalarannya baik, yang meliputi penalaran induktif dan deduktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H. Ahmad Jazuli, M.Si. dan Erni Widiyastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, penalaran induktif, penalaran deduktif, trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:30
Last Modified: 08 Jan 2018 03:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item