PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA, IPA, DAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD NEGERI 1 BOJANEGARA

TUNINGSIH, SUCI (2013) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA, IPA, DAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SD NEGERI 1 BOJANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Suci Tuningsih Cover.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suci Tuningsih Bab I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suci Tuningsih Bab II.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
Suci Tuningsih Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
Suci Tuningsih Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
Suci Tuningsih Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
Suci Tuningsih Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara terpisah per mata pelajaran, tidak ada keterpaduan antar mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain. Prestasi belajar siswa rendah yang salah satunya dikarenakan rendahnya percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian, mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber-sumber energi dan mata pelajaran IPS pokok bahasan kedudukan dan peran anggota keluarga melalui model pembelajaran tematik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negri 1 Bojanegara yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan untuk masing-masing siklus. Setiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data percaya diri siswa dalam belajar yaitu dengan menggunakan angket percaya diri, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, rasa percaya diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus I diperoleh skor rata-rata 44,18 dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 51,21 dengan kriteria sangat baik, sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 71,42% untuk mata pelajaran matematika, 78,57% untuk mata pelajaran IPA dan 71,42% untuk mata pelajaran IPS. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 85,71% untuk mata pelajaran matematika, 85,71% untuk mata pelajaran IPA, dan 89,28% untuk mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tematik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Bojanegara pada mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: percaya diri, prestasi belajar, pembelajaran tematik, Matematika, IPA, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:26
Last Modified: 08 Jan 2018 03:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item