PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI KELAS VB SD NEGERI 2 KALIORI

ULFAH, SISKA MARIA (2013) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI KELAS VB SD NEGERI 2 KALIORI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Siska Maria Ulfah Cover.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siska Maria Ulfah Bab I.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Siska Maria Ulfah Bab II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
Siska Maria Ulfah Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
Siska Maria Ulfah Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
Siska Maria Ulfah Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
Siska Maria Ulfah Daftar Pustaka.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu mata pelajaran yang terdiri atas dua bahan kajian pokok, yaitu pengetahuan sosial dan sejarah. Pada kegiatan pembelajaran IPS di sekolah dasar lebih didominasi dengan metode ceramah, penyampaian materi hanya untuk pemenuhan kurikulum tanpa memperhatikan nilai karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran yang salah satu karakternya adalah rasa ingin tahu. Padahal rasa ingin tahu sebagai motivasi awal untuk mengetahui hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia melalui metode pembelajaran tebak kata di kelas VB SD Negeri 2 Kaliori. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 2 Kaliori yang berjumlah 20 siswa. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 dan jumlah siswa perempuan sebanyak 8. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/evaluasi, skala sikap rasa ingin tahu, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis meggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar IPS siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rasa ingin tahu siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase skala sikap rasa ingin tahu yang diperoleh 59,6% dengan kriteria sedang. Pada siklus II meningkat dengan persentae 78,4% dengan kriteria tinggi. Hasil peningkatan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan pada rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I 71,5 dan ketuntasan klasikal 70% dan meningkat dengan rata-rata yaitu 85,25 dan ketuntasan klasikal 85% pada siklus II. Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa, penerapan melalui metode pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas VB SD Negeri 2 Kaliori.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, prestasi belajar IPS, Metode Pembelajaran Tebak Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:21
Last Modified: 08 Jan 2018 03:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item