PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING KELAS IV SD NEGERI 02 PAGELARAN

HARIYANTI, LASI DWI (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING KELAS IV SD NEGERI 02 PAGELARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
BAB III_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_LASI DWI HARIYANTI_PGSD'12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor pada materi gaya dengan menggunakan metode penemuan terbimbing siswa kelas IV SD Negeri 02 Pagelaran Tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Pagelaran yang terdiri dari 21 siswa, yaitu 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk hasil belajar ranah kognitif pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 61,90%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95,2%. Hasil belajar ranah afektif siklus I persentase siklus mencapai 60,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,1%. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I persentase siklus mencapai 62,8%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,8%. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dengan materi gaya, menunjukan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar setiap ranahnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka,M.Si., dan Subuh Anggoro,S.P.M.Pi.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, gaya, penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Jan 2018 01:55
Last Modified: 08 Jan 2018 01:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View Item View Item