PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PURWOKERTO DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

SARASWATI, ANTENG (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PURWOKERTO DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ateng Saraswati Cover.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ateng Saraswati Bab I.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ateng Saraswati Bab II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
Ateng Saraswati Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img] Text
Ateng Saraswati Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
Ateng Saraswati Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
Ateng Saraswati Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian control group post-test desain. Sampel penelitian adalah dua kelas X MIA SMA Negeri 4 Purwokerto tahun ajaran 2013/2014 yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling. Kelas X MIA 1 digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang digunakan adalah data kemampuan berpikir analisis siswa dan data prestasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada kelas eksperimen.Selain itu, penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata pos-test sebesar 81,078, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata post-test hanya 64,65.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dini Siswani Mulia, S.Pi,M.Si. dan Teguh Julianto, S.Pd,M.Si.
Uncontrolled Keywords: berpikir analisis, control group post-test desain, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Jan 2018 00:36
Last Modified: 08 Jan 2018 00:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6775

Actions (login required)

View Item View Item