PENGARUH KEBERADAAN APOTEKER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN CILACAP

KAMILAH, NUR ARDIYATI (2013) PENGARUH KEBERADAAN APOTEKER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan Informasi Obat (PIO) merupakan salah satu pelayanan kefarmasian yang penting d an harus dilakukan di Puskesmas. Pada kenyataannya PIO yang diberikan di tempat -tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit se bagian besar kurang lengkap (Baroroh, 2011) . Adanya apoteker di Puskesmas di h arapkan mampu mencegah terjadinya pengobatan yang tidak rasional serta dapat memberikan Pelaanan Informasi Obat yang lengkap dan berkualitas sehingga dapat memberikan kepuasan y ang sesuai dengan h arapan pasien. Tujuan Peneliti an : Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan menggambarkan tingkat kepuasan pasien dalam PIO antara Puskesmas dengan apoteker dan Puskesmas tanpa apoteker. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah obsevasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional dan metode pengambilan data secara accidental sampling . Data dianalisis menggunakan uji chisquare dan Importance Performance Analysis (IPA) . Hasil : Berdasarkan i hasil analisis chisquare diketahui bahwa p (0,034) < 0,05 . Dari hasil analisis IPA diketahui bahwa pada kuadran A persentase dimensi reliability dan tangible di dua kelompok Puskesmas sama besar yaitu 35,7% dan 20%. Sedangkan pada kuadran B dimensi responsiveness pada Puskesmas dengan apoteker persentasenya lebih besar (100%) dibandingkan dengan Puskesmas tanpa apoteker (33.33%). Kemudian pada kuadran D, persentase dimensi tangible pada Puskesmas dengan apoteker lebih besar (80%) dibandingkan dengan Puskesmas tanpa apoteker (20%). Kesimpulan : Terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien antara Puskesmas dengan apoteker dan Puskesmas tanpa apoteker. Dimana PIO yang diberikan di Puskesmas dengan apoteker pada dimensi responsiveness , reliability dan tangible lebih baik , dibandingkan PIO yang diberikan di Puskesmas tanpa apoteker.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Susanti, M.Phil, Apt dan Githa Fungie G, MSc, Apt
Uncontrolled Keywords: Keberadaan apoteker, tingkat kepuasan pasien, pelayanan informasi obat.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:57
Last Modified: 04 Jan 2018 07:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item View Item