PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PB M ) PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH SUMBANG TAHUN 201 2 /201 3

HARYANTI, SULIS (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PB M ) PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH SUMBANG TAHUN 201 2 /201 3. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (961kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIIIC dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Sumbang yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 12 siswa putri dan 17 siswa laki -laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dan satu evalu asi . Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk m engukur kemampuan penalaran siswa diadakan evaluasi dengan menggunak an tes kemampuan penalaran siswa pada setiap akhir siklus yang dilaksanakan. Hasil p enelitian p embelajaran matematika dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata -rata tes kemampuan penalaran siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 68,9 5 menjadi 78 ,60 dan pada siklus III naik menjadi 82,90. Dan k etuntasan belajar siswa pada siklus I yakni 53%, pada siklus I I mengalami peningkatan dengan pe rsentase ketuntasan mencapai 8 0% dan pada sik lus II I dengan pe rsentase ketuntasan 85%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si dan Drs. Ahmad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran , Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:43
Last Modified: 04 Jan 2018 07:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item View Item