PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SD N 2 PATIKRAJA

HUDA, NURUL (2014) PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SD N 2 PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian tentang rendahnya sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa telah dilaksanakan di SD N 2 Patikraja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil peningkatan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa diperoleh dari angket dan tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil angket sikap rasa ingin tahu siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 28,31 dengan kriteria sikap rasa ingin tahu siswa baik dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 28,81 dengan kriteria sikap rasa ingin tahu siswa baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 86,36% dan siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Patikraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M. Pd., dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Penemuan Terbimbing, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 03:16
Last Modified: 04 Jan 2018 03:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item View Item