PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 5 PURWOKERTO

YESIHANDRIYANI, . (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 5 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah capaian kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan capaian kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensionaldengan metode drill. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Purwokerto. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah, dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensionaldengan metode drill. Berdasarkan data hasil post test kemampuan berpikir kreatif diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 54,297 sedangkan kelas kontrol sebesar 49,412, dan data hasil post test kemampuan komunikasi matematis tertulis diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 59,235 sedangkan kelas kontrol sebesar 45,675. Metode pengujian hipotesis menggunakan independent samples testpihak kanan pada masing-masing kemampuan dan diperoleh nilai signifikansi untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,0395 dan untuk kemampuan komunikasi matematis sebesar 0,000, kedua nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa capaian kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan capaian kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensionaldengan metode drill.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si., dan Anton Jaelani, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional dengan Metode Drill
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 03:07
Last Modified: 04 Jan 2018 03:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item View Item