UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE)

KOTIMAH, SITI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah Purwokerto yang terdiri dari 27 siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan yaitu pertemuan pertama untuk penyampaian materi, pertemuan kedua untuk penyampaian materi dan evaluasi. Data kreativitas dan kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi kreativitas dan komunikasi lisan siswa, serta tes evaluasi komunikasi tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas meningkat setiap siklusnya yaitu, skor rata-rata kreativitas yang diperoleh pada siklus I sebesar 1,85, siklus II meningkat menjadi 2 dan siklus III meningkat menjadi 2,5. Kemampuan komunikasi matematika siswa juga meningkat pada setiap siklusnya yaitu, skor rata-rata komunikasi matematika siswa pada siklus I yaitu 1,99 meningkat menjadi 2,3 pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 2,84. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII B MTs Muhammadiyah Purwokerto pada pokok bahasan garis singgung lingkaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd, dan Anton Jaelani, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Kemampuan Komunikasi Matematika, Pembalajaran Student Facilitator and Explaining (SFE).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 03:00
Last Modified: 04 Jan 2018 03:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6756

Actions (login required)

View Item View Item