PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC UNTUK SISWA KELAS IV SD TEMA TEMPAT TINGGALKU SUB TEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU PEMBELAJARAN 1

CINTANG, NYAI (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC UNTUK SISWA KELAS IV SD TEMA TEMPAT TINGGALKU SUB TEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU PEMBELAJARAN 1. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan dengan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bertunjuan untuk : 1) mengkaji kondisi faktual pemanfaatan bahan ajar pada pembelajaran tematik di kurikulum 2013; 2) mengetahui pengembangan bahan ajar tematik berbasis saintifik untuk siswa SD kelas IV; 3) mengetahui penilaian pakar terhadap kelayakan bahan ajar tematik berbasis saintifik untuk siswa SD kelas IV; 4) mengetahui pengaruh pemanfaatan bahan ajar tematik berbasis saintifik terhadap prestasi belajar siswa SD kelas IV; 5) mengetahui penilaian guru terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik berbasis saintifik untuk siswa SD kelas IV; 6) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik berbasis saintifik untuk siswa SD kelas IV. Kondisi faktual membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik untuk menyempurnakan produk bahan ajar yang telah tersedia. Proses pengembangan menggunakan model 4-D Thiagarajan, Semel and Semel yang telah dimodifikasi menjadi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Bahan ajar yang telah divalidasi oleh pakar mendapatkan kategori “sangat valid dan tanpa revisi” dari respon pakar (4,9), penilaian guru (4,01) dengan kriteria setuju, respon siswa terhadap pemanfaatan bahan ajar dalam pembelajaran memperoleh respon sangat baik karena menghasilkan respon siswa dengan pilihan jawaban a sebanyak 64%, pilihan jawaban b sebanyak 30% dan pilihan jawaban c sebanyak 6%. Uji coba dilakukan menggunakan desain eksperimen The Before And After Design dengan kesimpulan uji hipotesis melalui uji dua pihak sampel berpasangan : 1) thitung < ttabel = -16,656 < -2,042 berarti H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh pemanfaatan bahan ajar tematik berbasis saintifik terhadap prestasi belajar PPKn; 2) thitung < ttabel = -5,328< -2,042 berarti H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh pemanfaatan bahan ajar tematik berbasis saintifik terhadap prestasi belajar IPS; 3) thitung < ttabel = -10,722 < -2,042 berarti H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh pemanfaatan bahan ajar tematik berbasis saintifik terhadap pretasi belajar IPA. Pengujian dengan kriteria KKM 80 diperoleh perhitungan thitung > ttabel = 3,177>1,697 berarti H0 ditolak, sehingga pemanfaatan bahan ajar dapat menghasilkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka bahan ajar tematik berbasis saintifik untuk siswa Sekolah Dasar kelas IV dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd, dan Drs. Sony Irianto, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Tematik, Saintifik, dan model pengembangan 4-D.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 02:16
Last Modified: 04 Jan 2018 02:16
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6744

Actions (login required)

View Item View Item