UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL TERHADAP TEMAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1 TK AL-MUJAHIDIN CILACAP TAHUN 2010/2011

KISMAWATI, HANIF (2011) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL TERHADAP TEMAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1 TK AL-MUJAHIDIN CILACAP TAHUN 2010/2011. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HANIF KISMAWATI COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANIF KISMAWATI BAB I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANIF KISMAWATI BAB II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
HANIF KISMAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
HANIF KISMAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
HANIF KISMAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
HANIF KISMAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
HANIF KISMAATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Perilaku Sosial Terhadap Teman Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari pada Anak Didik Kelompok B1 TK Al Mujahidin Cilacap Tahun 2010/2011” bertujuan untuk menanaman sikap/perilaku sosial yang positif pada anak didik kelompok B1 TK Al Mujahidin tahun 2010/2011 melalui metode bercerita dengan media boneka jari. Hasil belajar yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah pembiasaan berperilaku sopan santun, membedakan perbuatan yang benar dan salah, sikap saling menghormati, dan bersikap ramah terhadap sesama. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2001. Subyek penelitian adalah siswa kelompk B1 TK Al Mujahidin yang berjumlah 23 siswa dengan 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan melalui interview, kuesioner, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dengan media boneka jari dapat meningkatkan perilaku sosial yang positif pada anak TK Islam Al-Mujahidin Cilacap kelompok B1 tahun pelajaran 2010/2011. Anak didik yang belum mampu menunjukkan perilaku sosial yang diharapkan pada kondisi awal terdapat 7 siswa (30,43 %), pada siklus I berjumlah 5 siswa (21,74 %), dan pada siklus II berjumlah 1 siswa (4,35 %).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Tukiran, M.M, dan Labib Sajawandi, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: PERILAKU SOSIAL; METODE BERCERITA; MEDIA BONEKA JARI; ANAK DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Jan 2018 02:08
Last Modified: 04 Jan 2018 02:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item