UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA DESA KEDUNGBANTENG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN 2012 / 2013

HIDAYAT, LULU MARHALATI (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA DESA KEDUNGBANTENG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN 2012 / 2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional melalui Permainan Petak Umpet pada Anak kelompok Bermain Tunas Bangsa Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun 2012/2013. Perkembangan sosial emosional anak pada Kelompok Bermain tersebut masih terhambat, hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya kemampuan berinteraksi antara anak yang satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak didik melalui permainan petak umpet. Skripsi ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada anak didik Kelompok Bermain Tunas Bangsa Kedungbanteng Kabupaten Banyumas yang berjumlah 20 siswa. Dilaksanakan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan setelah dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif terlihat ada peningkatan yang signifikan. Pada kondisi awal, dari 20 anak belum ada anak atau 0% perkembangan sosial emosionalnya berkembang sangat baik (BSB), 2 anak atau 10% berkembang sesuai harapan (BSH), 6 anak atau 30% sudah mulai berkembang (MB), dan 12 anak atau 60% belum berkembang (BB). Kemudian pada siklus I, dari 20 anak masih belum ada anak atau 0% perkembangan sosial emosionalnya berkembang sangat baik (BSB), 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan (BSH), 14 anak atau 70% sudah mulai berkembang (MB), dan 1 anak atau 5% belum berkembang (BB). Dan pada akhir siklus II, dari 20 ada 6 anak atau 30% perkembangan sosial emosionalnya berkembang sangat baik (BSB), 10 anak atau 50% berkembang sesuai harapan (BSH), 4 anak atau 20% sudah mulai berkembang (MB), dan pada akhirnya tidak ada anak atau 0% belum berkembang (BB). Dengan demikian upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Kedungbanteng Kabupaten Banyumas bisa dikatakan sudah berhasil ditingkatkan dari hasil yang sebelumnya masih kurang memuaskan, namun karena masih ada beberapa anak yang belum mencapai standar keberhasilan maka diperlukan adanya tindak lanjut. Adapun tindak lanjut yang dilakukan yaitu dengan cara berdiskusi dengan orang tua dan menghimbau agar lebih memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak terutama dalam perkembangan sosial emosional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M. dan Labib Sajawandi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosional Anak, Permainan Petak Umpet.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 01:54
Last Modified: 04 Jan 2018 01:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6738

Actions (login required)

View Item View Item