UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT BAHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 SINDANG

KHULMIATUN, SITI (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR IPA MATERI SIFAT BAHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 1 SINDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan disain penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Sindang tahun pelajaran 2011/2012 pada materi Sifat Bahan dan Kegunaannya dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan media gambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sindang yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes dan non tes. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran yang diberikan , pada setiap siklus diadakan tes evaluasi akhir siklus. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dan media gambar dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Pada pelaksanaan tes evaluasi Siklus I diperoleh rata-rata kelas 71,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 40 %, pada Siklus II rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 85,25 dengan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal 100%. Pada Siklus I skor rata-rata motivasi belajar sedang, pada Siklus II meningkat menjadi 83% dengan kriteria motivasi belajar tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi, M.Pi., dan Drh. Cahyono Purbomartono,M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Diskusi Kelompok, Media Gambar, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 01:46
Last Modified: 04 Jan 2018 01:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item