PENGARUH KEMAMPUAN SISWA MEMBACA MATERI PELAJARAN IPS GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RAHAYU, DWI (2011) PENGARUH KEMAMPUAN SISWA MEMBACA MATERI PELAJARAN IPS GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI RAHAYU COVER.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI RAHAYU BAB I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI RAHAYU BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
DWI RAHAYU BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
DWI RAHAYU BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
DWI RAHAYU BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img]
Preview
Text
DWI RAHAYU DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
DWI RAHAYU LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca dengan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas X MAN 1 Banjarnegara pada mata pelajaran IPS Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Banjarnegara, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 209 siswa, terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 130 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Variabel penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS Geografi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil tes setelah diberi bacaan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik regresi dan korelasi. Sebelum dianallisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kemampuan siswa membaca dengan hasil belajar IPS Geografi kelas X MAN 1 Banjarnegara Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara untuk mata pelajaran IPS Geografi. Semakin tinggi kemampuan membaca siswa maka semakin baik pula hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS Geografi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sumadi Sutrijat, M.Pd dan Drs. H. Sutomo, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPS Geografi; Kemampuan Membaca;
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Jan 2018 01:27
Last Modified: 04 Jan 2018 01:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6730

Actions (login required)

View Item View Item