UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI MEDIA TALI KARET PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN PAUD CAHAYA KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012-2013

ROKHMAWANTI, FERA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI MEDIA TALI KARET PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN PAUD CAHAYA KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Media Tali Karet Pada Anak Usia 4-5 Tahun Paud Cahaya Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan motorik kasar anak rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui media lompat tali karet. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa yaitu 11 putra dan 12 putri yang dilaksanakan di Paud Cahaya Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data dari penelitian ini mempergunakan dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dibantu oleh teman sejawat yang ikut mengobservasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Analisis kata menggunakan tekhnik analisis deskriptif. Hasil penelitian selama 2 siklusmenunjukan peningkatan dalam meningkatkan motorik kasar anak melalui media tali karet. Hasil ini di buktikan dengan studi awal anak yang dapat bergerak bebas dan lincah sebanyak 4 anak (17%), berkembang sesuai harapan 2 anak (9%), mulai berkembang 14 anak (61%) dan belum berkembang 3 anak (13%). Pada siklus 1 mengalami peningkatan tetapi belum maksimal, berkembang sangat baik 6 anak (26%), berkembang sesuai harapan 5 anak (22%), mulai berkembang 11 anak (48%) dan belum berkembang 1 anak (4%). Hal ini menjadi bukti adanya peningkatan hasil dalam perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti namun peningkatan pembelajaran pada siklus 1 ini belum memenuhi standar dari indikator untuk tingkat keberhasilan harus mencapai 80 % dan peneliti akan memperbaiki pembelajaran pada siklus II. Setelah pembelajaran pada siklus II, dengan hasil anak yang dapat bergerak lincah dan lentur sebanyak 10 anak (43%),berkembang sesuai harapan 9 anak (40%), mulai berkembang 4 anak (17%) sedangkan anak yang belum berkembang tidak ada (0%). Hal ini terjadi karena media lompat tali karet yang digunakan dapat meningkatkan ketrampilan motorik kasar anak sehingga anak dapat bergerak bebas dalam pelaksanaan pembelajaran anak diberi kebebasan untuk bergerak bebas dan melakukan berbagai macam kegiatan yang disediakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sukristanto, M.Pd dan Labib Sajawandi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar, Lompat Tali Karet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jan 2018 00:55
Last Modified: 04 Jan 2018 00:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item View Item